About

Tujuan dari blog ini cuman untuk sharing ilmu dan pengalaman  di dunia film dan komunikasi, CSR dan Crisis Management. Setelah sering berdiskusi dengan beberapa teman, ternyata banyak hal yang sebenarnya bisa saya share ke sesama, tidak saja masalah teknis tapi juga masalah non teknis.

Lalu kenapa tulisan mengenai sinematografi, CSR, Crisis Management dan Branding dicampur aduk dalama sebuah blog? Jawabannya adalah, di era saat ini dengan segala kemudahan teknologi untuk memproduksi dan menayangkan tayangan audio-visual, dapat juga digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi secara masal melalui jaringan sosial media, baik itu untuk tujuan membangun (konstruktif) atau menghancurkan (destruktif) citra, melaporkan kejadian (jurnalistik) atau digunakan sebagai report yang bersifat informatif dan instan.

Dimulai dari sekedar meliput dan melaporkan kegiatan CSR dan aktivitas Branding, akhirnya saya dan tim mulai memasuki ranah crisis management dari sisi media yang mana hal ini masih sangatlah jarang di Indonesia.

Mengutip pernyataan Prof. Rhenald Khasali, dunia saat ini sedang mengalami SUDDEN SHIFT, yaitu pergeseran tren di seluruh bidang termasuk dari sisi komunikasi massa. Dimana saat ini pergerakan informasi tidak hanya bersifat outward dan searah, yaitu dari pemilik brand ke massa, akan tetapi komunikasi saat ini lebih cenderung bersifat inward dan bolak-balik, yang menyebabkan masyarakat dengan mudah mengontrol, menyortir dan mempublikasikan berita dalam segala bentuk.

Seluruh tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi, masukan, belajar on the spot, kritik dan lain sebagainya yang saya satukan berdasarkan masing-masing kategori.

Saya sih yakin, banyak yang lebih menguasai dan jago banget dalam hal-hal tersebut di atas, tapi tidak ada salahnya kan kalo kita semua sama-sama berbagi dan belajar? (in)

Kalau mau diskusi juga boleh ke indy4012@gmail.com

Leave a comment