Back to Basic : Pixel

APA ITU PIXEL?

Mungkin banyak yang ga tau atau baru tau (termasuk saya) kalau Pixel itu sebenarnya singkatan dari kata Picture Element yang artinya elemen gambar.

Dalam era digital saat ini, terutama yang berhubungan dengan dunia film dan photo, sering kita temukan kata-kata ini. Secara garis besar pasti semua sudah pada tau arti dan fungsi dari pixel ini; tapi tidak ada salahnya kita bahas sedikiiiit aja tentang pixel ini agar bisa me-refresh pengetahuan kita sama2. Karena secara tidak langsung, domino effect dari pengetahuan kita tentang pixel ini akan sangat berguna kelak di sepanjang proses produksi.

PIXEL DALAM MEDIA DISPLAY / MONITOR

Secara definisi teknis, pixel itu adalah sebuah unit elemen dasar warna yang bisa diprogram yang terdapat di berbagai macam jenis alat display (monitor). Pada jaman TV tabung (CRT), pixel ini akan sangat jelas terlihat dalam bentuk satuan warna Merah, Hijau dan Biru (Red, Green, Blue) sehingga sering disebut dengan RGB.

Secara warna, tidak ada perubahan antara sistim Analog dan Digital seperti saat ini, kesemuanya masih mengacu kepada warna RGB tersebut. Yang berbeda hanyalah cara penyajiannya, dimana pada jaman analog, RGB tersebut terbentuk dalam kotak2 kecil, sementara saat ini pixel RGB tersajikan perindividu warna dalam bentuk yang bervariasi; ada yang bulat, garis dan lain sebagainya.

Dalam mempromosikan besaran pixel ini, para produsen biasanya dapat menginformasikan dalam dua cara yaitu dengan langsung menyebut total jumlah pixel, seperti dalam camera digital 12MP (12 juta pixel) atau dalam bentuk perkalian seperti 1920 x 1080 atau sejumlah 2.073.600 pixel. Sering juga orang langsung mengasosiasikan jumlah pixel ini dengan besaran resolusi. Sebenarnya sih tidak salah, hanya saja kurang tepat karena terminologi dari resolusi jauh lebih mendalam dari sekedar hitungan jumlah pixel.

PIXEL DALAM MEDIA REKAM / KAMERA

Dalam fotografi , jumlah pixel ini  sangat mempengaruhi kualitas warna, semakin besar jumlah pixelnya maka warna yang dihasilkanpun akan semakin mendekati aslinya. Tapi, dalam video, terkadang warna yang sangat mendekati aslinya ini dapat menjadi bumerang terhadap hasil akhir. Akan terjadi beberapa kesulitan pada saat footage tersebut akan di koreksi warna / color grading, karena warna yang dihasilkan sudah merupakan gambar dengan warna yang telah matang.  PS: Untuk lebih jelasnya hal ini  akan kita bahas di topik color correction dan grading yaaa… Idealnya, untuk video dengan menggunakan DSLR, kita sebaiknya mencari camera dengan jumlah pixel yang menengah (10 – 25MP).

PIXEL DALAM SCREEN UNTUK VISUAL EFFECT

Dikarenakan komponen asli warna pixel itu hanya terdiri dari 3 warna utama yaitu Red, Green, Blue (RGB); maka secara teknis hanya ketiga warna ini sajalah yang value nya dapat mencapai titik maksimal 100%. Atas alasan itulah mengapa dalam setiap pembuatan efek, warna BIRU dan HIJAU sering digunakan sebagai screen (layar) yang dikenal dengan nama BLUE SCREEN dan GREEN SCREEN.

Red atau warna Merah, tidak pernah digunakan sebagai screen karena kulit manusia mempunyai unsur warna merah; dan apabila digunakan warna dari RED SCREEN ini setelah terkena lampu, akan membias / berpendar ke warna kulit manusia.

Meskipun secara teori warna apapun di era digital ini bisa kita pakai sebagai screen effect, tapi warna biru dan hijau tetaplah yang terbaik mengingat intensitas kedua warna tersebut pada pixel  dapat mencapai 100%, dan tidak berbias ke kulit manusia.

Teknik penggunaan efek screen ini paling sering digunakan dalam progam2 berita di TV, untuk menunjang tampilan.

CLOSING

Sebenarnya masih banyak teori dan domino efek mengenai pixel ini, cuman akhirnya berujung sangat-sangat teknis dan sedikit memusingkan jika penjelasannya hanya sekedar tertuang dalam bentuk tulisan, terlebih untuk tahap basic ini. Tapi jangan kuatir, penjelasan detailnya nanti akan dibagi-bagi lagi kok dalam beberapa topik lanjutan. Jadi sebelum sama2 pusing, kita tutup ya bahasan basic mengenai pixel ini.(in)

“That’s all folks, keep rolling, action and cut!!”

Leave a comment