Definisi Corporate Social Responsibility (CSR) – Part 2

Pelestarian Lingkungan Hidup, Alam dan Iklim (Environment and Climate)

Perilaku bisnis dalam pembukaan lahan usaha, pengolahan limbah, peningkatan daftar flora dan fauna yang dilindungi dan perubahan iklim dunia adalah beberapa faktor yang mengakibatkan upaya-upaya Environment ini pada akhirnya menjadi bagian dari program CSR secara keseluruhan.

Perkembangan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara luas bukanlah berarti dapat mengorbankan kehidupan flora dan fauna tempatan. Keseimbangan antara keduanya sangatlah diperlukan. Peningkatan kualitas hidup stakeholder tidaklah dapat dicapai secara komprehensif tanpa didukung oleh lingkungan hidup yang baik.

2012-12-18_014021Sebagai negara tropis dan maritim, kekayaan Indonesia atas flora dan fauna tidak dapat dipungkiri, baik itu yang ada di darat maupun yang berada di laut. Namun sayangnya sering kita temui praktek-praktek usaha yang tidak berkelanjutan yang dilakukan oleh para pelaku usaha baik itu tradisional maupun korporasi. Sebut saja pembukaan lahan dengan cara membakar yang secara otomatis mematikan flora secara sporadis dan membahayakan kehidupan fauna; perikanan dengan menggunakan racun, peledak, pukat dan lain sebagainya yang pada akhirnya mematikan kehidupan biota laut; pengolahan limbah yang tidak ramah lingkungan yang mengakibatkan tercemarnya sumber-sumber kehidupan yang berdampak pula terhadap penurunan kualitas kehidupan bagi manusia.

kekayaan-laut-merupakan-sumber-pangan-yang-sangat-potensial-_151208201634-989Meskipun ratusan regulasi an undang-undang telah digelontorkan oleh pemerintah, kesepakatan-kesepakatan internasional telah dicapai melalui forum-forum diskusi, namun pada kenyataanya malpraktek masih saja tetap terjadi. Di sisi lain, dampak negatif dari kesalahan-kesalahan regulasi di masa lampau, kini semakin jelas terlihat. Untuk itulah diperlukan upaya-upaya masif dan berkelanjutan, serta komitmen besar dari seluruh komponen bangsa untuk menjaga dan melestarikan kekayaan flora dan fauna Indonesia, serta mewujudkan lingkungan hidup yang layak huni yang dapat hidup berdampingan secara balance dengan alam sekitarnya.

Beberapa upaya dari program Environment yang dapat dijalankan antara lain:

  • Menyokong upaya-upaya pelestarian endangered species (harimau, badak, pohon ramin dsbnya) dan flora-fauna tempatan.
  • Pengolahan limbah ramah lingkungan.
  • Pelatihan bagi para pelaku usaha tradisional dalam melakukan praktek-praktek usaha yang berkelanjutan.
  • Menyediakan, menjaga dan merawat areal konservasi flora dan fauna.
  • Menyokong penghijauan area-area yang terdegradasi, areal perumahan dan operasional usaha.
  • Dsbnya.

Meskipun program Environment ini masih banyak yang dilakukan sebatas seremonial dan pencitraan, namun tidak sedikit pula para pelaku usaha yang secara konsisten, jauh dari publikasi yang melakukannya karena kesadaran akan pentingnya melestarikan lingkungan hidup, alam serta menjaga iklim tempatan demi kesejahteraan masyarakat banyak dan keberlangsungan usahanya. (in)

Leave a comment